Tempat Kursus dan Program Inggris di Pare Kediri

Kampung Inggris, begitulah sebutan atau gelar yang disandang oleh kota kecamatan Pare, Kampoeng Inggris / Kampung inggris ini tepatnya berada di desa Tulungrejo, Singgahan, Pelem, dan Tegalsari, semuanya berada di kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Disini terdapat berbagai macam tempat kursus bahasa inggris, dalam data PIKIP (Pusat Informasi Kampung Inggris Pare) ada lebih dari 80 tempat. Program yang di tawarkan oleh setiap tempat kursus cukup bervariasi, antara lain grammar, speaking, pronunciation, translation, writing dan TOEFL.

Jadi sebelum memutuskan ingin memilih tempat kursus, alangkah baiknya dipilih dulu apakah grammar, speaking pronunciation, translation, writing, TOEFL yang menjadi tujuan belajar di Pare.


Tempat Kursus & Program Belajar Bahasa Inggris di Pare Kediri

1. Program grammar
Ada beberapa tempat yang genrenya adalah grammar, antara lain Elfast, Smart, Kresna, Mahesa, dll. Di tempat ini kita bisa mengenal grammar dari nol. Part of speech, tenses, seven summaries alias konsep 2 kejadian, modals, clausa, comparison degree, gerund, dll.

2. Program speaking
Daffodil, Access, AKKI, Webster, Ocean, Mahesa, Harvard, Marvelous, adalah beberapa tempat kursus yang menyediakan program speaking. Di kelas speaking yang biasa dilakukan antara lain diskusi, debat, presentasi, mendengarkan lagu, games, dll. Jangan kuatir bagi yang belum PD ngomong bahasa inggris karena yang penting di kelas speaking adalah berani ngomong, masalah grammar bisa diatur.

3. Program pronunciation
Program ini bisa disebut juga program senam mulut, karena yang dipelajari disini tentang bagaimana cara ngomong orang bule ngomong. Kita juga diberi tahu tentang bagaimana cara membaca kamus beserta tanda bacanya. Jadi, kalo di Pare rugi kalo tidak mengambil kelas pronunciation. Kelas pronunciation disediakan oleh Daffodil, Access, Marvelous, Smart, Ocean.

4. TOEFL
Jika ingin masuk kelas TOEFL alangkah baiknya grammar kita sudah mantap. Jadi saat di kelas kita tak lagi mengalami kesulitan tentang clausa, gerund, part of speech, dll. Di kelas TOEFL ada 3 hal penting yang dibahas yaitu structure and written, listening dan reading. Kelas TOEFL ada di Elfast, Smart, Kresna, Mahesa, dll.

Selain program tersebut diatas, masih ada puluhan lagi program yang disediakan oleh beberpa lembaga kursus di Kampung Inggris.

Hampir semua tempat kursus di Pare memulai perogramnya setiap tanggal 10 dan 25 ( Kecuali BEC buka pendaftaran 4x dalam 1 tahun yaitu bulan februari, mei, agustus, dan november ). Jadi jika hendak mengambil kursus disini sebaiknya datang sebelum tangggal-tanggal tersebut, Namun sangat disarankan sebelum benar-benar datang pada hari H, sebaiknya Anda memastikan sudah mendapatkan tempat terlebih dahulu, baik itu kost, asrama, maupun lembaga kursusnya, Karena di Kampung Inggris ketersediaan tepat tinggal dan kuota kursih di lembaga kursus masih sangat sedikit jika di bandingkan dengan jumlah peminatnya yang mencapai ribuan, carannya bisa dengan cara membooking baik itu dengan datang langsung ke Pare beberapa minggu sebelum kelas dimulai, ataupun via Online, namun khusus untuk daftar Online lembaga kursus umumnya tidak melayani secara langsung, namun di Pare ada beberapa lembaga jasa reservasi/pendaftaran online, beberapa yang cukup terkenal yaitu Pare Guide dan PPKK, tidak mahal biaya jasa yang di patok oleh jasa pendaftaran di Pare, mereka hanya mematok tarif sekitar 15-50rb.

Kelas yang di tawarkan di berbagai lembaga di Kampung Inggris ada yang per satu bulan atau per dua minggu. Ruang kelasnya tidak seperti di beberapa lembaga kursus top di perkotaan, karena kebanyakan kelasnya lesehan seperti kita ngaji di TPA. Kelas pada umumnya berdurasi 90 menit. Biasanya dimulai jam 7 pagi, tapi ada juga yang memulai program jam 5.30. Tinggal pilih saja.

Biaya program sanggat bervariasi. Dari yang 25 rb sampai 400 rb per program. Ada juga tempat kursus yang menyediakan asrama (camp) bagi siswanya. Biaya di Camp mulai dari 250 rb - 600 rb. Kalo dihitung-hitung termasuk murah karena selain dapat tempat tinggal, bebas biaya program, kita juga tinggal di English Area.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada dua pilihan untuk tinggal disini yaitu kos biasa atau asrama (camp). Kalo kos ya seperti kos pada umumnya. Camp dalam arti English Area adalah kos yang meyediakan fasilitas English Area dimana para penghuninya diwajibkan ngomong pakai bahasa inggris. Baik mau makan, di kamar mandi, nonton TV, pokoknya segala aktivitas di kos harus pakai bahasa inggris.

Fasilitas lain di camp adalah program setelah subuh, biasanya menghafalkan vocabularies, sedangkan program setelah magrib biasanya debat, diskusi, nonton film, tergantung dari campnya. Bagi yang pengen speakingnya lebih lancar, tinggal di camp bisa menjadi pilihan.

Biaya hidup disini standar, sekali makan rata-rata 4 ribu rupiah (nasi + sayur + telur + es teh). Sediakan bugjet juga untuk membeli buku, khususnya referensi dan kamus, karena buku-buku yang tersedia disini sangat membantu kita dalam belajar.

Tak perlu kuatir terisolasi dari peradaban, karena sini terdapat toko buku, warnet, rental komputer, rental komik, bioskop mini. Hanya satu yang tidak tersedia yaitu mall besar. Kalo ingin ke mall ya musti pergi ke kota Kediri atau ke Malang.

Jadi tak perlu bingung lagi ketika hendak memutuskan belajar bahasa inggris di Pare. Karena di Pare, di kampung inggris, adalah tempat paling kondusif untuk belajar bahasa inggris.


Admin
Admin Tertarik pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikan manusia bisa menggapai impiannya, dan menjadi pendidik adalah tugas paling mulia.

12 komentar

  1. saya rencananya setelah lebaran selama satu bulan mau kepare untuk belajar Grammer dan Speaking,,

    kira2 lembaga apa yg bagus untuk kebutuhan saya, dan apakah pare guide juga bisa untuk mencarikan kost yg english area,

    berapa biaya nya untuk biaya kursus, kost, dan biaya Guide,
    tanggal berapa sebaiknya saya tiba dipare??

    trimakasih
    tolong kirim ke email saya aiin18789@gmail.com

    BalasHapus
  2. maaf sbelumnya...bahasa inggris saya sangat minim alias blank..hehe

    apakah dikampung inggris bisa mengajarkan bahasa inggris dari dasar..karena saya ingin sekali bisa bahasa inggris..??

    dan kira2x kelas apakah yg saya bisa ambli...THX

    popok_dewasa@yahoo.com

    BalasHapus
  3. kata ny d BEC hrus tinggal 6 blan ya? sya rencana ingin tinggl dsna 6 blan n ingin ambil pRogram pronuncation, grammar, toefl, n speaking.
    Apakah itu sdah trmasuk program d BEC?
    Kira2 biaya smuanya d BEC brapa ya?
    Klo kursus d BEC hrus pke pkaian sragam or resmi ga?
    Sya pngen tau byk ttg BEC.
    owy kLo bleh, sya mnta n0 yg bsa d hbungi ya...
    Trimakisihkata ny d BEC hrus tinggal 6 blan ya? sya rencana ingin tinggl dsna 6 blan n ingin ambil pRogram pronuncation, grammar, toefl, n speaking.
    Apakah itu sdah trmasuk program d BEC?
    Kira2 biaya smuanya d BEC brapa ya?
    Klo kursus d BEC hrus pke pkaian sragam or resmi ga?
    Sya pngen tau byk ttg BEC.
    owy kLo bleh, sya mnta n0 yg bsa d hbungi ya...
    Trimakisih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dBEC harus pake seragam hitam putih dan bersepatu, diajarkan grammer, speaking, listening,kalau toefle tergantung milih programnya lagi,BEC dalam setahun ada 4x pendaftaran Februari, agustus, november. . . .
      Biaya pendaftaran awal 150rb, untk SPP bulanan 50rb/bln. . . .
      Kalau biaya ya tinggal dikalkulasikan aja. . . .

      Hapus
  4. untuk pare guide bisa langsung ditanyakan ke cs pare guide atau mengunjunggi situsnya di http://daftar.kampunginggris.co.id , "pare guide bukanlah bagian dari PIKIP ( Pusat Informasi Kampung Inggris Pare )".

    di BEc minimal 6 bulan dan maksimal 9 bulan, mempelajari bahasa inggris dari dasar, wajib berseragam rapih.

    BalasHapus
  5. Assalammualaikum

    Kakak saya mau pergi ke pare untuk memperdalam b.inggris selama 2 minggu

    mungkin anda bisa merekomendasikan Course English.nya
    Semakin bagus lebih baik. . . .

    kalau bisa + Kos.nya kak

    Thanks A lot

    Rizqicahyaardiansyah@yahoo.com
    081357530520 [rizqi]

    BalasHapus
  6. met malem..mo nanya ni kalau mo ke desa parerejo...dari surabaya lewat mana ya../??.pa di desa parerejo da makam tokoh jawa ta dk situ...??
    trims.

    samsulboy55@yahoo.com
    08885769746

    BalasHapus
  7. hi kampoeninggris

    i am habibi
    i wanto to know, did we learn every day? how hours in every day?

    i dont want learn in class only twice in weeks

    thanks for your help

    cheerss

    BalasHapus
    Balasan
    1. You can learn every day actually saturday and sunday, every day you need 90minute. . ..

      Hapus
  8. . . . bgaimana pendaftaran untuk program liburan semester???????????
    . . mhon d jawab ya!!!!!!!!!

    BalasHapus
  9. . . . bgaimana pendaftaran untuk program liburan semester???????????
    . . mhon d jawab ya!!!!!!!!!

    BalasHapus
  10. ada gak ya, nomor telpon yang bisa dihubungi disana???

    BalasHapus