Home » » Sate dan Kripik Bekicot, Olahan Extrim Kediri

Sate dan Kripik Bekicot, Olahan Extrim Kediri

Written By Kampoeng Inggris on Kamis, 21 November 2013 | 20.21

Sate bekicot dan kripik bekicot?, Tahukah Anda dengan binatang bekicot? Bekicot seperti siput tapi ukurannya lebih besar. Seperti siput maka dia hidup dalam rumahnya yang seperti karang, sehingga kapan-kapan dia bisa sembunyi dalam rumahnya. Warnanya coklat kehitam-hitaman. Jalannya seperti merambat dengan kakinya yang agak melendir. Jadinya jalan yang dilewati menjadi basah. Bagi sebagian orang, bekicot merupakan binatang menjijikkan. Selain bertempat di kebun dan persawahan yang kotor, binatang bercangkang ini tak berhenti mengeluarkan lendir dari tubuhnya. Bahkan, petani kerap memburu bekicot karena dianggap sebagai hama perusak tanaman. Namun siapa sangka, di balik segala keburukannya, bekicot menyimpan keuntungan bagi manusia.

Melalui teknik pengolahan tertentu, daging bekicot yang berlendir dapat berubah menjadi aneka sajian kuliner nan lezat dan bergizi. Satu olahan yang terkenal adalah sate bekicot. Sajian khas yang menjadi menu utama warung dan rumah makan di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Di Kampung Inggris Pare sate bekocot bisa dijumpai di taman Tamrin, harga perbungkus yang berisi 50 tusuk hanya seharga Rp. 15.000, ada juga yang perbungkus isi 20 tusuk dijual dengan harga Rp. 5.000. Cara makannya bisa digunakan sebagai lauk, atau sekadar dibuat jajan, alias langsung dimakan, saat kita ingin menikmati sate bekicot ini, tinggal ambil saja satenya yang sudah tersedia, bukan seperti sate ayam atau kambing yang masih dibakar dulu. Ya, persis seperti sate kerang yang sudah masak siap saji.

Selain diolah menjadi sate, bekicot juga bisa diolah menjadi kripik bekicot, krengsengan bekicot dan aneka masakan lainnya, aneka masakan bekicot ini biasanya disebut dengan istilah 02, misalnya sate bekicot disebut dengan sate 02, kripik bekicot disebut dengan kripik 02. Jadi belajar bahasa inggris di Kampung Inggris bisa sambil mencicipi kuliner extrim.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar