HIRUK PIKUK KAMPUNG INGGRIS PARE

Kampung Inggris (KampoengInggris.com), Kota Pare Kabupaten Kediri sebenarnya sama dengan kota-kota lain di Indonesia, Pare hanyalah sebuah kota kecamaan kecil yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Hal yang membuat kota Pare terkenal adalah karena banyaknya lembaga kursus bahasa
asing terutama bahasa Inggris sehingga terkenal dengan sebutan Kampung Inggris.
Jargon Kampung Inggris yang melekat didukung tak kurang dari 107 lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Pare, Dusun Singgahan - Desa Pelem dan Desa Tulungrejo. Cikal bakal keberadaan Kampung Inggris ini dimulai dengan adanya lembaga kursus bahasa Inggris yang bernama Basic English Course (BEC) yang didirikan sejak tahun 1980an oleh Mr Kalent. Seiring berkembangnya waktu muncul lembaga-lembaga kursus yang lain bak jamur di musim penghujan.
Orang-orang yang datang ke Kampung Inggris tidak hanya masyarakat dari kawasan Kediri. Gaungnya yang begitu kencang dan terkenal membuat orang dari seluruh penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke datang ke Kota Pare. Tak mengherankan dalam suatu periode tertentu ada pendatang dengan kelompok besar dan membuat suatu himpunan dengan nama daerah asal mereka. Yang paling terkenal adalah kumpulan orang Sulawesi.
Alasan utama ke Kampung Inggris tentu saja ingin mendalami bahasa Inggris. Bagi mereka pelajaran bahasa Inggris yang di dapat di bangku sekolah sampai bangku kuliah belum mumpuni melawan globalisasi. Kebanyakan alasan mereka mendalami bahasa Inggris untuk melanjutkan studi, terutama studi lanjut program master dan doktoral di luar negeri. Salah satu persyaratan yang harus mereka penuhi adalah harus meraih nilai TOEFL atau IELTS tertentu sehingga mereka dapat memperoleh beasiswa.
Alasan lain yang dipertimbangkan adalah biaya hidup yang murah, sebagai contoh biaya makan untuk satu porsi berkisar antara Rp 3 ribu rupiah sampai Rp 7 ribu rupiah dan juga tempat kos yang murah berkisar antara Rp 100 ribu rupiah sampai Rp 450 ribu rupiah tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing rumah kos.
Progam yang ditawarkan oleh lembaga kursusan di Kampung Inggris ini dibuka sepanjang tahun biasanya di tanggal 10 dan 25 setiap bulan. Ada kalanya suatu lembaga kursus harus membatasi jumlah pendaftar karena keterbatasan tempat dan tenaga pengajar. Sedangkan jumlah pendaftar sudah melebihi kuota yang bisa ditangani oleh suatu lembaga kursus. Hal ini terjadi saat liburan semester genap setiap tahun ajaran. Mulai dari siswa SMP, SMU, mahasiswa perguruan tinggi, tenaga pendidik yang mendatangi Kampung Inggris untuk memperdalam penguasaan bahasa Inggris.
Untuk menghindari over kuota biasanya para penuntut ilmu bahasa Inggris yang berjumlah ratusan ini melakukan pemesanan program jauh-jauh hari. Dengan begitu harapan mendapatkan tempat kursus yang diinginkan menjadi lebih besar.
Setiap hari jalanan di Kampung Inggris tak pernah sepi dari hilir mudik orang-orang yang membawa sepeda. Mereka singgah dari satu tempat ke tempat yang lain. Orang-orang ini seperti tidak pernah lelah dalam menuntut ilmu di Kampung Inggris. Semangat mereka terus berkobar walau harus merasakan teriknya paparan sinar matahari atau melawan hawa dingin di pagi hari.
Jangan heran saat datang ke Kampung Inggris banyak orang menggowes sepeda hilir mudik. Memang kebanyakan orang-orang yang datang ke Kampung Inggris menyewa sepeda sebagai alat transportasi selama mengikuti kursus. Sepeda sudah menjadi kebutuhan primer bagi orang-orang yang mengambil kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris.

Oleh: FIKRI KHAIRUL ABROR Tutor Bahasa Inggris di English Language as Foreign Application Standard
fikri.abror@gmail.com
Artikel ini juga dimuat di Surya.co.id
Admin
Admin Tertarik pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikan manusia bisa menggapai impiannya, dan menjadi pendidik adalah tugas paling mulia.

7 komentar

  1. Assalamu'alaikum Wr Wb
    saya mau tanya :
    lembaga kursus mana yang kualitasnya unggul di grammar (selain elfast dan mahesa)?
    dimana lembaga kursus bahasa arab yang bagus (dilihat dari kualitas pengajarnya)?
    bisa minta tolong kirimkan brosurnya dan juga brosur lembaga kresna, oxford dan the gravity?
    ini email saya odptupay@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam wr wb..
    alternatif lain untuk lembaga yg unggul di grammar adalah kresna, smart, rhima, atau mahesa.
    untuk lembaga kursus bahasa arab tidak banyak pilihan, beberapa diantaranya adalah ITC, Al-farisi, dan ocean.
    untuk permintaan brosur saat ini belum dapat kami layani.

    BalasHapus
  3. bisa minta alamat lembaga ITC dan Al-Farisi?
    terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
  4. ITC ada di jl brawijaya (masjid ITC, perbatasan pelem-tulungrejo), al-farisi di jl sakura

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum utk lembaga kursus yg unggul di speaking atau conversation lembaga apa ya pak? apakah lembaga tsb jg membuka program utk durasi 2 minggu? terima kasih

    BalasHapus
  6. @fela: ada banyak lembaga yg fokus di speaking/conversation, misalnya harvard, dafodile, eminence, marvelous, elfat, liberty dll..

    BalasHapus
  7. -salam-

    kalo ambil translation,pastinya grammar hrs bs donk ya?masalahnya grammar gw ancur..
    trus bagusnya pilih tmpt kursus yg mana kalo mo ambil grammar 'n translation dlm wktu 1 bulan?

    trims :)

    BalasHapus