Home » » Kampung Inggris Dalam Sepenggal Cerita

Kampung Inggris Dalam Sepenggal Cerita

Written By Kampoeng Inggris on Minggu, 25 Maret 2012 | 08.46

Kampung Inggris, Bahasa Inggris mampu mengubah wajah suatu perkampungan, hemmm bagaimana ceritanya ya?!. Itulah yang terjadi di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kota kecamatan kecil, 24 kilometer timur laut Kota Kediri ini, selain terkenal sebagai sentra komoditas madu lebah
dan sawo manila, kini memiliki beberapa desa yang dilekati predikat sebagai kampung Inggris. Bukan karena banyak bule yang ada di kampung tersebut, melainkan karena banyaknya tempat kursus bahasa Inggris di sana.

Singgahan - Pelem, Tulungrejo, dan Sekitarnya inilah sebutan kampung Inggris berasal. Di sana puluhan lembaga kursus mengajarkan kemampuan berbahasa Inggris kepada ribuan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia. Ada Basic English Course (BEC), Effective English Conversation Course, Mahesa Institute, Smart International Language College, Liberty English Course, Base Camp Academy, dan sederet nama lainnya. Lembaga kursus ini baru berdiri empat atau lima tahun silam. Beberapa di antaranya dikenal sebagai pusat belajar bahasa Inggris sejak awal tahun 1990-an. Bahkan BEC, pendahulu dari semua lembaga kursus di Pare, berdiri sejak 1977.

Sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris saja yang ditawarkan lembaga kursus di Singgahan - Pelem, dan Tulungrejo serta sekitarnya. Ada juga kursus bahasa Jepang, Mandarin, dan Arab. Akan tetapi karena jumlah lembaga dan peminatnya tak sebanyak di tempat kursus bahasa Inggris, wilayah ini akhirnya lebih dikenal sebagai kampung Inggris oleh masyarakat dan pelajar, meskipun secara resmi organisasi perhimpunan lembaga kursus di Pare menamakannya Kampung Bahasa.

“hi, I am from Pare. And i speak English.” demikianlah kata-kata sakti Masyarakat Pare dan juga alumnus dari berbagai lembaga kursus di Pare - Kediri.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar