Wisata Candi Surowono

Asiknya kursus di Kampung Inggris itu selain menyenangkan juga saat libur (sabtu - minggu) peserta kursus bisa berwisata ke candi-candi yang ada disekitar Kampung Inggris Pare, salah satu candi yang letaknya cukup dekat adalah candi surowono, untuk berwisata ke candi tersebut cukup ditempuh dengan mengunakan sepeda ontel saja.

SEKILAS TENTANG CANDI SUROWONO

Candi Surowono, terletak di desa Canggu, kecamatan Pare, 28 Km dari pusat Kota Kediri. Bangunan candi merupakan hasil karya peninggalan sejarah sebagai tempat penyucian Raja Wengker, yang merupakan Raja bawahan dari masa kerajaan Mojopahit.

Candi Surowono berbentuk bujur sangkar dengan candi menghadap kearah barat, Candi Surowono mempunyai ukuran 7.8 M x 7.8 M serta tinggi candi sekitar 4.72 M, pada bagian Pondasinya terbuat dari batu bata sedalam 30 Cm dari permukaan tanah.

Candi Surowono yang dibangun sejak 1400 Masehi ini memiliki nama asli Wishnubhawanapura. Sampai sekarang, candi ini tidak dalam keadaan yang utuh, tapi di beberapa bagian masih bisa terlihat bentuk relief dan beberapa cerita yang di pahatkan.

RUTE CANDI SUROWONO

Bila pengunjung dari kawasan Kampung Inggris Pare, Kediri, pengunjung bisa langsung menuju ke lokasi Objek wisata Candi Surowono, yang letaknya tidak terlalu jauh, dari perempatan Tulungrejo, pengunjung lurus saja dan langsung men
uju Dusun Surowono. Candi Surowono Mudah di jumpai karena letaknya berada di Pinggir Jalan Dusun tersebut, serta jalan yang sangat mudah di akses.

TIKET MASUK CANDI SUROWONO

Untuk bisa memasuki area objek wisata Candi Surowono pengunjung tidak di pungut biaya, kecuali sumbangan sukarela, dan pengunjung juga akan disuruh mengisi buku tamu oleh juru kunci candi surowono.

LOKASI CANDI SUROWONO

Candi Surowono terletak di desa Canggu - Kecamatan Pare - kabupaten Kediri - Jawa Timur, selain candi surowono di desa tersebut juga ada objek wisata lain yaitu Goa Surowono.
Admin
Admin Tertarik pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikan manusia bisa menggapai impiannya, dan menjadi pendidik adalah tugas paling mulia.

Posting Komentar