Berapa Sih Biaya 1 bulan di Kampung Inggris?

biaya kampung inggris 300x225 Berapa Sih Biaya 1 bulan di Kampung Inggris?Kampung Inggris ( Kampoeng Inggris Pare ), Oke teman-teman sekalian, tentunya sudah menunggu posting artikel tentang biaya di kampung inggris. Dalam pembahasan ini, biaya dibagi menjadi tiga macam yaitu biaya kursus, biaya kost dan biaya hidup sehari-hari.
Biaya Kursus
Seperti yang teman-teman dengar, biaya kursus di kampung inggris relatif terjangkau, apalagi dibandingkan dengan kota besar. Biaya dihitung berdasarkan
durasi program (akan dijelaskan di postingan lain), ada program yang berdurasi dua minggu, ada yang berdurasi satu bulan. Sebagai contoh, di Oxford ILA paket program  Grammar terbagi menjadi Level 1,
Level 2, hingga Level 5 dengan durasi masing-masing program adalah 2 minggu. Coba tebak biayanya berapa? Yap, biayanya berkisar antara 80-90 ribu per minggu. Kalau dalam 1 bulan, totalnya sekitar 180 ribu rupiah. Untuk program yang berdurasi 1 bulan contohnya adalah program Conversation di Daffodils. daffodils mematok harga sekitar 150ribu per bulan.
Secara rata-rata, teman-teman cukup mengeluarkan maksimal 200ribu dalam 1 bulan.  Jika mengambil dua program, tinggal dikalikan dua yaitu 400ribu rupiah.

Biaya Kost

Ada dua tipe kost di kampung inggris, kost biasa dan kost english area. Perbedaannya jelas, di kost english area teman-teman terikat perjanjian bermaterai untuk menggunakan bahasa Inggris selama di area tersebut. Melanggar perjanjian? maka bersiap-siaplah menerima sanksi dari instruktur. Sedangkan untuk yang biasa hampir seperti kost pada umumnya, hanya menyediakan hunian sementara.
Soal biaya sewa, kost english area lebih mahal karena ada instruktur pembimbing yang mengawasi kalian. Biaya kost English Area berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu per bulan. Untuk kost biasa hanya 80 ribu hingga 120 ribu per bulan.
Ada dua catatan penting tentang biaya kost, Pertama, perhitungan biaya sewa kost tetap dihitung 1bulan meski teman-teman hanya tinggal selama 5 hari atau 1 minggu. Kedua, biaya kost dihitung per Kepala bukan per Kamar. Hampir semua kost di kampung inggris diisi lebih dari 2 orang per kamar. Jika kamu menempati kamar yang dihuni 4 orang dengan rates Rp.80.000,-, biayanya adalah Rp.80.000,- orang atau Rp.320.000,- per kamar.

Biaya Hidup

Terletak di pedesaan Jawa Timur, ongkos makan sangat terjangkau. Satu kali makan porsi hemat dengan lauk dan sayur cukup dengan 3000-4000 rupiah. Ingin yang lebih enak, sepiring nasi ayam bakar harganya sekitar 6000-7000 rupiah. Itu untuk yang versi murah. Kalau untuk yang agak mahal juga ada, seperti Nasi Goreng Daging di Wapo seharga 8000 rupiah.
Kalian lah yang bisa menghitung pengeluaran untuk makan karena selera makan tentu berbeda-beda kan? Untuk yang hemat, 10ribu bisa 3x makan. Jika agak boros, 25 ribu per hari juga bisa. Kamu lah yang menentukan icon smile Berapa Sih Biaya 1 bulan di Kampung Inggris?
Biaya hidup bukan hanya biaya makan, ada beberapa biaya lain seperti laundry, pulsa, ngemil dll. Laundry di Pare berkisar 2500-3000 / kg untuk cuci lipat. Pulsa dan ngemil tentu berbeda-beda antara satu dengan yang lain.
Nah, setelah mengetahui ketiga komponen  tersebut, kamu bisa dengan mudah mengetahui perkiraan biaya dalam 1 bulan. Sebagai contoh, sebut Saja Putra ingin belajar dengan hemat. Putra mengambil dua program kursus (2x180ribu) dan tinggal di kost english area (150ribu). Untuk makan , Putra menyisihkan Rp.15.000,- untuk makan dalam 1 hari. Perhitungannya adalah
Rp.360.000,-   Kursus dua program
Rp.150.000,-   Kost english Area
Rp.450.000,- Makan dalam 30 hari
Rp.960.000,-
Terjangkau bukan?

http://kampung-inggris.com/berapa-sih-biaya-1-bulan-di-kampung-inggris/
Admin
Admin Tertarik pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikan manusia bisa menggapai impiannya, dan menjadi pendidik adalah tugas paling mulia.

1 komentar

  1. programnya ada apa aja? kalo ngambil semua program jadinya berapa? ada potongan ga?

    BalasHapus